Akses air pedesaan: mengapa negara harus mengikuti petunjuk Paraguay?


Dengan lebih dari 94% penduduk pedesaan mengakses air yang aman, negara-negara di seluruh Amerika Latin dan sekitarnya dapat belajar dari kesuksesan fenomenal Paraguay
Di komunitas kecil Juan Augusto Sald�var, sekitar satu jam di luar ibu kota Paraguay, Julian Marecos adalah presiden dewan air setempat. Dia relawan dengan empat orang lainnya untuk mengawasi layanan air masyarakat, yang didirikan pada tahun 1993 dan memasok lebih dari 3.800 pengguna, termasuk sekolah, pusat kesehatan, gereja, dan orang lain di wilayah sekitar.

Lahir dan dibesarkan di daerah tersebut, Marecos masih mengingat kesulitan untuk mengakses air minum. "Secara tradisional, keluarga biasa mendapatkan air dari sumur yang mereka punya di rumah mereka tapi seringkali, terutama selama musim panas, sumur ini mengering," katanya. "Terima kasih kepada dewan, kita tidak lagi memiliki kesulitan ini dan kita memiliki air minum yang tersedia, yang membantu kita menghindari banyak penyakit."

Di seluruh Amerika Latin, 30 juta orang tidak memiliki akses terhadap air bersih sementara 100 juta masih kekurangan akses terhadap sanitasi. Ini terlepas dari wilayah yang menjadi tempat tinggal sepertiga sumber air tawar dunia. Isu tersebut diprioritaskan pada tujuan pembangunan milenium (MDGs), yang memberi target untuk mengurangi separuh, pada tahun 2015, proporsi penduduk tanpa akses berkelanjutan terhadap air minum yang aman dan sanitasi dasar.

Hanya satu negara yang mengelola ini di daerah pedesaan: Paraguay. Sebenarnya, ini terlalu berhasil mencapai tujuan; Lebih dari 94% penduduk pedesaan sekarang memiliki akses terhadap air bersih, dibandingkan dengan 51,6% pada tahun 2000, membuat kemajuan lebih banyak daripada negara lain.

Mencapai air bersih dan sanitasi telah mendapat keunggulan yang lebih besar lagi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan yang baru. Negara harus memastikan ketersediaan dan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua orang, dan para ahli telah mengklaim bahwa tanpa kemajuan ini, tujuan dan target lainnya tidak dapat dicapai. Jadi, apa yang bisa dipelajari negara-negara Amerika Latin lainnya dari keberhasilan Paraguay?

Air sebagai prioritas kesehatan masyarakat 

Salah satu cara Paraguay menangani masalah akses air di daerah pedesaan adalah dengan menempatkan dinas sanitasi dan air - Senasa (Servicio Nacional de Saneamiento Ambiental) di dalam departemen kesehatan, membantu memastikan perawatannya sebagai prioritas kesehatan masyarakat.

"Meskipun masih banyak tantangan, memang benar ada banyak kemajuan dalam 25 tahun terakhir ini karena cara Paraguay mengatur segalanya," kata Germ�n Sturzenegger, spesialis air dan sanitasi senior di bank pengembangan Inter-Amerika. (IDB).

Pada tahun 2007, Paraguay juga mengakui akses hukum terhadap air yang memadai dan berkualitas sebagai hak asasi manusia, tiga tahun sebelum hak atas air dan sanitasi diakui oleh PBB.

Target ambisius untuk meningkatkan penyediaan air ledeng di daerah perkotaan dan pedesaan ditetapkan. Skema yang inovatif, seperti model layanan masyarakat Marecos adalah bagian dari, diluncurkan dengan subsidi untuk masyarakat yang kurang dari 150 orang.
Di masyarakat pedesaan, model ini bekerja dengan memberikan tanggung jawab untuk air dan sanitasi ke dewan - yang dikenal sebagai Juntas de Saneamiento - yang dijalankan oleh sukarelawan. Ada lebih dari 2.500 asosiasi masyarakat ini di daerah pedesaan dan komunitas kecil di pinggiran kota di Paraguay, salah satu negara pertama yang mempromosikan model semacam ini.

Dewan tidak hanya memulihkan biaya pemeliharaan dan operasi melalui pengaturan tarif air, namun juga membayar sebagian biaya modal - yang digunakan untuk membangun infrastruktur pada awalnya - ke kas nasional. Keluarga pedesaan membayar $ 3-5 per bulan untuk layanan airnya, yang biasanya dibayar tunai kepada anggota dewan.

"Pemerintah Paraguay, sebagian besar melalui Senasa, telah menciptakan metode yang baik untuk bekerja dengan masyarakat kecil, menciptakan dewan dan melatih mereka untuk mengoperasikan, memelihara dan menjalankan sistem di tingkat administrasi," kata Sturzenegger. "Mereka terus mendapat bantuan teknis, yang tidak selalu terjadi di negara lain. Model ini adalah salah satu alasan mengapa sistem secara keseluruhan berkelanjutan. "

Model manajemen layanan ini pertama kali dipromosikan dan dibiayai dengan pinjaman awal $ 6 juta dari Bank Dunia pada tahun 1977. Dalam 20 tahun terakhir, bank, IDB dan pemerintah Spanyol telah membantu untuk meningkatkannya. IDB telah menginvestasikan $ 64 juta dan pemerintah Spanyol $ 60m sejak 2009 melalui Spanish Water Fund. Secara keseluruhan, Bank Dunia telah memberikan pinjaman sebesar $ 150 juta kepada Paraguay untuk proyek air sejak tahun 1977.

"Ada beberapa LSM yang berinvestasi dan mensubsidi namun sebagian besar merupakan dorongan pemerintah nasional untuk memperbaiki pembiayaan eksternal," kata Sturzenegger.

Mengajukan pertanyaan yang tepat

Paraguay berfokus pada keberlanjutan, atau "bantuan berbasis keluaran" kata Maria Angelica Sotomayor, manajer unit program global di Bank Dunia. "Banyak hal yang dilakukan Bank Dunia saat ini pertama kali diujicobakan di Paraguay karena itulah cara mereka ingin melakukannya," katanya.

Pada 1990-an, serta bekerja dengan Paraguay, timnya bekerja dengan Peru dalam proyek serupa. "Perbedaan antara Paraguay dan negara-negara lain di Amerika Latin adalah bahwa mereka menaruh banyak penekanan pada keberlanjutan ... Paraguay adalah salah satu negara termiskin di Amerika Selatan, sementara Peru adalah salah satu negara terkaya. Saat itu, keinginan objektif dan politik di Peru adalah 'membangun, membangun, membangun', sedangkan Paraguay berfokus pada apa yang sekarang kita definisikan sebagai keberlanjutan, "kata Sotomayor.

Masih banyak tantangan untuk memastikan layanan air dan sanitasi yang aman dan mudah diakses untuk semua orang di Paraguay, kata Sturzenegger, termasuk memberikan layanan yang lebih baik di daerah pedesaan, menjangkau penduduk asli, memastikan pengawasan kualitas air yang memadai, dan meningkatkan dana untuk mencapai target nasional.

Tapi sejak awal, kunci pendekatan Paraguay adalah fokus pada keberlanjutan. Sotomayor mengatakan: "Mereka memberi banyak perhatian, memikirkan bagaimana Anda bisa membangun sebuah sistem tapi siapa yang akan mengoperasikannya dan bagaimana Anda akan mengelolanya? Siapa yang bertanggung jawab di daerah pedesaan jika pompa tangan rusak? Mereka mengajukan pertanyaan yang tepat. "

Bergabunglah dengan komunitas profesional dan kemanusiaan pembangunan kita. Ikuti @GuardianGDP di Twitter, dan mintalah pendapat Anda tentang masalah seputar air dalam pengembangan menggunakan # H2Oideas.

Artikel ini bersumber dari laman web  www.theguardian.com, dimuat pada 26 Mei 2017.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Macam Jenis Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus